Cara Merawat Kamera Fujifilm x-H1

Memiliki kamera Fujifilm x-H1 bagi orang yang hobi memburu dan mengoleksi foto hasil karya sendiri memang menyenangkan. Anda bisa puas menjepret segala hal yang dapat dijadikan objek foto. Namun, jangan hanya asik memburu foto saja, Anda pun harus merawat kamera milik Anda.

Artikel ini akan menerangkan beberapa cara merawat kamera mirrorless seperti Fujifilm x-H1. Karena bagi pemula dalam bidang fotografi, kamera mirrorles menjadi kamera yang cukup simple untuk digunakan dengan bentuknya yang lebih mini dibandingkan kamera DSLR.

  • Menjaga Kebersihan Lensa Kamera

Lensa menjadi salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah kamera, tak terkecuali juga pada kamera mirrorless ini. Untuk itu kebersihan lensa menjadi sangat penting untuk Anda jaga dalam. Untuk menjaga kebersihan lensa, bisa digunakan cairan pembersih lensa yang banyak terdapat di toko elektronik ataupun minimarket biasa. Anda harus membersihkan lensa secara rutin atau saat lensa terlihat cukup kotor.

Bagi para pemula atau yang baru memiliki kamera Fujifilm x-H1, cairan ini umumnya memiliki kemasan namun jangan sekali-kali menyemprotkan langsung ke lensa. Pemakaian yang benar adalah menyemprotkan cairan tersebut ke kain khusus dulu, baru dilapkan ke lensa. Dengan lensa yang jernih tanpa terganggu kotoran, tentu kegiatan fotografi Anda akan lebih lancar, kamera pun akan terjaga keawetannya. Bukan hanya lensanya, Anda juga harus menjaga kebersihan kamera secara keseluruhan.

  • Menjaga Kamera Terkena Air

Cara merawat kamera mirrorless Fujifilm x-H1 yang selanjutnya adalah dengan menjaga kamera dari air atau menghindarkan kamera Anda dari air, baik air hujan, air laut, maupun air dari sumber apapun. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa tak boleh menyemprotkan cairan pembersih langsung pada lensa. Air akan menyebabkan keadaan kamera khususnya bagian internalnya menjadi lembab, keadaan lembab bisa membuat kamera Anda cepat rusak. Untuk itu harus diusahakan untuk menghindarkan kamera dari air.

  • Gunakan Tas Khusus Kamera

Ketika Anda hendak membawa kamera untuk hunting foto, gunakan tas khusus untuk kamera. Tas kamera dilengkapi dengan bantalan empuk di dalamnya yang menjaga kamera dari segala jenis benturan. Di dalam tas khusus ini juga tersedia ruang khusus untuk menyimpan lensa, charger, filter, dan perlengkapan lain yang akan mendukung aktivitas fotografi Anda.

Tas khusus ini akan melindungi kamera agar tidak mudah rusak. Hindari memasukkan kamera ke dalam tas biasa atau tas ransel, karena tas tersebut tidak dilengkapi dengan pelindung untuk menjaga kamera tetap aman.

  • Beri Pelindung Layar LCD Kamera

Sama seperti ponsel, cara merawat kamera Fujifilm x-H1 khususnya pada bagian LCD-nya adalah dengan memasang screen guard atau pelindung layar. Pelindung ini akan menjaga layar agar tidak tergores, terkena sidik jari, terlindung dari air dan debu.

Harga pelindung layar ini terjangkau, tapi banyak fotografer malas memasangnya. Padahal, pelindung layar adalah satu-satunya cara untuk menjaga layar LCD kamera agar tetap mulus dan bersih.

  • Merawat Baterai Kamera

Baterai lithium-ion yang digunakan pada kamera Anda biasanya memiliki usia sekitar 500 kali siklus pengisian daya. Jadi, apabila sudah melewati siklus 500 kali charging, umumnya daya baterai akan menurun dan harus segera mengganti baterai tersebut.

Agar baterai kamera tetap awet, jangan biarkan baterai kamera disimpan di ruangan dengan suhu ekstrem 43 derajat atau lebih. Jangan lupa juga untuk mengisi daya baterai apabila Anda sudah tidak menggunakan kamera tersebut dalam jangka waktu panjang.

Di atas merupakan beberapa tips cara merawat kamera, khususnya Fujifilm x-H1. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, khususnya yang baru mempunyai kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *