Bengkel Motor Resmi atau Non Resmi, Mana yang Lebih Baik?

Saat ini, sangat mudah menemukan bengkel motor terbaik yang resmi di banyak tempat. Namun, Anda juga bisa menemukan dengan mudah banyak bengkel non resmi di sekitar Anda yang bisa Anda masuki untuk memperbaiki motor yang tiba-tiba rusak. Bila dibandingkan, di antara bengkel resmi dan bengkel non resmi ini, manakah yang lebih baik?

Bengkel Resmi

Secara tampilan, bengkel resmi ini ternyata sangat menggiurkan. Tampilannya kren dan lebih luas serta dinamai dengan nama pabrikannya. Misalnya saja, ada bengkel dengan nama Yamaha, Honda, dan masih banyak lagi. Keunggulan lain dari bengkel sepeda motor resmi ini, montirnya juga lebih terlatih dan sesuai dengan aturan perusahaan.

Mereka biasanya sudah magang di bengkel-bengkel resmi sebelum menjadi pegawai tetap sehingga hasil perbaikan motor Anda terjamin. Lalu, bengkel motor yang resmi juga memiliki ruang tunggu yang sangat nyaman, luas dan pastinya bisa membuat Anda lebih betah di sana. Ada banyak fasilitas yang diberikan di ruang tunggu ini.

Misalnya saja ruangan yang ber-AC, televisi, tempat duduk yang nyaman dan masih banyak lagi. Masih ada keunggulan lain dari bengkel yang resmi ini, kok! Salah satunya adalah memiliki standar SOP sehingga para pekerja di sana sangat terlatih dan tidak mengandalkan feeling saja. Dengan begitu, dipastikan hasil perbaikan akan sangat baik.

Suku cadang dan onderdil yang digunakan juga dijamin asli dan mengikuti teknologi yang sudah modern. Sayangnya, bengkel motor yang resmi ini punya jam kerja yang sangat terbatas. Umumnya, mereka hanya buka antara jam delapan pagi hingga lima sore. Anda yang membutuhkan bantuan di malam hari pastinya tak bisa menggunakannya.

Bengkel Non Resmi atau Umum

Untuk Anda yang mengalami masalah saat di perjalanan, mengunjungi bengkel non resmi yang merupakan bengkel motor terdekat untuk membantu Anda. Bengkel ini bisa Anda temukan di mana saja dan jumlahnya jauh lebih banyak dibanding bengkel yang resmi. Bahkan, Anda bisa menemukan bengkel yang satu ini di pedalaman desa sekalipun.

Untuk ukuran, sangat bervariasi. Ada yang besar, ada juga yang kecil tergantung dari kemampuan finansial pemiliknya. Untuk pemilik, biasanya bersifat perseorangan dan bukan perusahaan sehingga mereka tak hanya bisa melayani untuk satu merek motor saja layaknya bengkel motor resmi, namun semua merek motor akan dilayani sama baiknya di sini.

Namun, kekurangannya adalah pada suku cadang yang disediakan. Kadangkala, suku cadang yang disediakan adalah tiruan meskipun harganya jauh lebih murah ketimbang bengkel yang resmi. Untuk peralatan yang digunakan dalam perbaikan pun sangat standar dan mereka juga memiliki kemampuan cukup serta lebih mengandalkan feeling dalam perbaikan motor.

Nah, sekarang menurut Anda, mana di antara dua bengkel ini yang baik? Jika Anda mencari bengkel terdekat untuk membantu, bengkel non formal adalah pilihan tepat. Namun, bagi Anda yang tidak sedang dalam keadaan terdesak dan ingin perawatan terbaik, bisa pilih bengkel yang resmi. Jika perlu tips lain soal motor dan bengkel, lihat di Moladin.com, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *