5 Fakta Penting Tentang Vaksin HPV yang Wajib Diketahui

Virus HPV atau merupakan jenis virus yang terdiri dari ratusan jenis. Virus yang satu iniĀ  merupakan virus yang menjadi penyebab utama tumbuhnya penyakit menukar seksual. Karena belum ada jenis obat yang dapat infeski HPV, dokter kemudian membuat vaksin untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa tentang vaksin HPV yang perlu Anda ketahui.

  1. Pengesahan Vaksin

Gardasil merupakan salah satu jenis vaksin yang dapat digunakan untuk mecegah terjadinya infeksi HPV. Penggunaan Gardasil sendiri sudah disetujui oleh FDA sejak bulan Juni tahun 2006. Gardasil merupakan jenis vaksin yang berfungsi untuk mencegah infeksi HPV sebagai penyebab timbulnya penyakit kutil kelamin dan penyebab penyakit kanker serviks pada wanita.

  1. Jenis-Jenis Vaksin HPV

Selain Gardasil, tentunya masih banyak vaksin pencegah infeksi HPV lainnya seperti Cervarix, dan Gardasil 9. Cervarix sendiri merupakan jenis vaksin yang dikhususkan untuk pencegahan virus HPV tipe 16 dan 18 sebagai penyebab timbulnya penyakit kanker serviks. Untuk itu, vaksin yang satu ini hanya diperuntukan untuk para kaum wanita.

  1. Cara Penyebaran HPV

Sebenarnya bagimana sih cara penyebaran virus HPV? Virus HPV dapat menular melalui hubungan intim, seks oral, maupun melalui cairan tubuh. Di Amerika, penyakit menular seksual yang satu ini telah menyerang lebih dari 20 juta penduduk. Namun, tragisnya, 50% penderita penyakit menular seksual ini adalah para anak muda yang berusia sekitar 15-24 tahun.

  1. Apakah Vaksin Efektif untuk Seseorang yang Telah Terinfeksi HPV?

Vaksin yang satu ini tidak dapat digunakan untuk seseorang yang sudah terinfeksi virus HPV. Mengapa demikian? Sebab vaksin ini hanya dibuat untuk mecegah sesorang agar tidak terinfeksi virus HPV bukan untuk mengobatinya. Itulah mengapa vaksin ini tidak efektif untuk digunakan kepada sesorang yang sudah terinfeksi virus HPV.

  1. Berapa Lama Efektif Vaksin Ini Efektif

Menurut para ahli, vaksin ini sangat mampu untuk melakukan pencegahan selama 4 tahun. Meskipun begitu, vaksin ini tidak diberikan setiap 4 tahun sekali. Bagi perempuan, vaksin ini diberikan secara bertahap dengan dosis yang telah ditentukan.

Nah, di atas merupakan beberapa fakta penting tentang vaksin pencegah virus HPV. Setelah saya melakukan suntik vaksin di KLINIK PANDAWA JAKARTA, saya jadi merasa tenang. Anda juga dapat melakukan suntik vaksin untuk menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dan tidak terserang oleh virus HPV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *